Selamat Datang di Website Kelurahan Kenep,Kec/Kab Sukoharjo | Jalan P.Diponegoro No. 08 Telp.(0271)5811587 kodepos 57518 | Pelayanan Warga dibuka setiap hari Senin-Kamis (08.00-12.00) dan Jum'at (08.00-11.00)sedangkan Sabtu libur

Sabtu, 14 Maret 2015

Jepang Tertarik Jamu dan Gamelan Sukoharjo

Keberadaan sentra kerajinan jamu tradisional dan gamelan di Kabupaten Sukoharjo menjadi daya tarik bagi wisatawan asal Jepang dan menjalin kerja sama bilateral. Setidaknya 14 mahasiswa dan 4 profesor dari Kokushikan University Jepang berkesempatan mengunjungi sentra kerajinan jamu di Nguter dan sentra kerajinan gamelan di Wirun, Mojolaban, pekan lalu.
Sebelum berkunjung ke dua tempat tersebut, mereka berkumpul di Gedung Graha Satya Karta (GSK), Kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sukoharjo. Rombongan akademisi dari Kokushikan University yang dipimpin Profesor Masakatsu Tozu itu diterima Wakil Bupati Sukoharjo, Haryanto.
Menurut Profesor Masakatsu Tozu, pihaknya sudah lama tertarik berkunjung ke sentra kerajinan jamu dan gamelan di Sukoharjo. Namun kunjungan tersebut urung dilaksanakan karena adanya kabar buruk yang menyebut Sukoharjo sebagai sarang teroris.
Setelah mendapat kepastian bahwa Sukoharjo aman dari teroris, kunjungan itu baru dapat terealisasi. Berkat bantuan Institut Javanologi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS), pihaknya berkesempatan mengunjungi Sukoharjo.
Masakatsu Tozu menambahkan, Sukoharjo memiliki potensi besar untuk pengembangan jamu dan gamelan. Oleh karenanya, pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan para pengrajin. Diharapkan mahasiswa dapat belajar bagaimana membuat jamu dan gamelan kepada para pengrajin langsung.
Masakatsu Tozu juga berharap 14 mahasiswa asal Kokushikan University bisa mengikuti program pertukaran pelajar dengan UNS, supaya terjalin kerja sama yang baik di bidang pendidikan.
Wakil Bupati Sukoharjo, Haryanto, menyambut baik kedatangan rombongan akademisi dari Kokushikan University. Pemerintah Kabupaten Sukoharjo terbuka jika Kokushikan University ingin menjalin kerja sama dalam pengembangan kerajinan jamu dan gamelan.  Pemerintah Kabupaten Sukoharjo juga memberikan jaminan keamanan bagi wisatawan lokal maupun asing yang ingin berkunjung ke Kabupaten Sukoharjo.

0 komentar:

Posting Komentar