Selamat Datang di Website Kelurahan Kenep,Kec/Kab Sukoharjo | Jalan P.Diponegoro No. 08 Telp.(0271)5811587 kodepos 57518 | Pelayanan Warga dibuka setiap hari Senin-Kamis (08.00-12.00) dan Jum'at (08.00-11.00)sedangkan Sabtu libur

Senin, 23 Maret 2015

"Tabungan Perilaku" Selamatkan Bumi





SEMARANG - Bersepeda ternyata memiliki segudang manfaat. Tak hanya untuk memelihara kesehatan, olahraga ringan ini juga membentuk budaya 'menabung' perilaku positif untuk menyelamatkan bumi dari ancaman krisis energi. Aktivitas bersepeda sudah menjadi bagian dari rutinitas Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP setiap minggu pagi. Minggu ini (22/3) Ganjar gowes bersama komunitas sepeda tim Dafam Hotels dan Duta Earth Hour Semarang 2014 Shafigh Pahlevi Lontoh pada acara car free day di Jalan Pahlawan. "Saya itu setiap hari Minggu sepedaan. Kemudian ada acara dari Dafam Hotels untuk membuat Earth Hour. Sehingga kita (gowes) bareng. Yang menarik (dari acara ini), mari kita berhemat. Hemat listrik, hemat air, hemat energi," terangnya saat menghadiri kampanye "60+ Earth Hour Uniting People to Protect The Planet, Play Your Part for The Planet" yang digagas Dafam Hotels.Dirinya mengapresiasi tim Dafam Hotels yang telah menggaungkan kampanye hemat energi dan peduli lingkungan melalui acara Earth Hour. Menurutnya, kampanye tersebut akan semakin membuahkan hasil apabila mereka bersedia menyelenggarakan program binaan berbasis energi dan lingkungan di lokasi tertentu secara intensif. "Saya mengapresiasi Dafam Hotels. Mudah-mudahan nanti Dafam Hotels bisa mengambil suatu lokasi untuk dijadikan sebagai binaan. Apakah itu kali bersih, daerah gundul, atau desa yang berorientasi lingkungan, Kalau perusahaan-perusahaan bisa mengambil satu binaan dan dilaksanakan terus-menerus, ini akan menjadi gerakan yang luar biasa," pesannya.
Tak lupa, Ganjar juga berkampanye agar masyarakat disiplin berperilaku hemat energi. Sebab, peduli terhadap keselamatan bumi merupakan tanggung jawab setiap individu.

"Memulai dari yang kecil itu adalah tabungan. Tidak hanya tabungan air, tidak hanya tabungan listrik, tapi tabungan perilaku. Berperilaku baik, berperilaku hemat, berperilaku tidak boros. Sebenarnya kita sangat bisa melakukan hal itu (berhemat energi) setiap hari," tegasnya.

Perilaku hemat energi yang dapat diterapkan secara sederhana oleh masyarakat adalah mematikan listrik, air, dan pendingin ruangan yang tidak digunakan. Jika semua digunakan dengan prinsip serba cukup maka akan semakin baik energi yang diwariskan untuk generasi penerus. Selain perilaku hemat energi, Ganjar juga mengingatkan masyarakat untuk mencintai lingkungan dengan menanam dan merawat pepohonan guna pelestarian bumi. Upaya tersebut merupakan aktivitas konkret dalam menyelamatkan bumi.

"Saya tahu yang begini ini (gerakan hemat energi dan peduli lingkungan), tidak banyak pengikutnya. Tapi kalau kita dorong terus-menerus bisa menjadi gerakan yang luar biasa," ujarnya optimis.
Sementara itu, Managing Director Dafam Hotels Andy Irawan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi secara nyata pada kampanye Earth Hour yang dilaksanakan secara global pada Sabtu (28/3) mendatang. Terlebih, kampanye itu didukung penuh oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

"Pada 28 Maret 2015 dari pukul 20.30 sampai 21.30 (waktu lokal), selama satu jam saja kita matikan lampu untuk menyelamatkan energi dan dunia. Yang luar biasa Bapak Gubernur sudah ikut mendukung acara ini dengan bersepeda," tuturnya.

0 komentar:

Posting Komentar